Ingin Punya Tabungan Masa Depan? Ini 4 Cara Menabung yang Baik dan Benar


Memiliki tabungan masa depan merupakan salah satu goals keuangan yang ingin dicapai oleh semua orang. Pasalnya, tabungan memiliki peranan yang penting bagi kehidupan di masa yang akan datang ataupun dalam kondisi darurat keuangan. Sebagai seorang pekerja, Anda harus mengetahui bagaimana cara nabung yang baik dan benar sehingga Anda dapat menyisihkan sebagian upah untuk tabungan. Nah, berikut ini 5 cara menabung yanv baik dan benar agar kondisi keuangan tetap aman meskipun dalam kondisi darurat.

Membuat Anggaran Tiap Bulan

Membuat rancangan pengeluaran setiap bulan merupakan hal yanh snagat penting. Hal ini dapat membuat patokan ataupun kontrol ketika Anda harus mengeluarkan uang. Ada baiknya untuk mendahulukan kebutuhan primer seperti belanja bulanan, membayar tagihan, ataupun membayar sekolah anak.

Sisanya sisihkan sebagian gaji untuk langsung ditabung. Ketika memiliki rancangan anggaran pengeluaran secara otomatis Anda akan lebih terkontrol untuk berbelanja. Ada baiknya tidak menuruti berbagai keinginan membeli apabila belum menyisihkan uang yang akan ditabung.

Menabung di Awal 

Menabung di awal bulan merupakan salah satu cara nabung yang baik dan benar. Ketika Anda menerima gaji ada baiknya untuk langsung menyisihkan uang yang akan ditabung. Jika menabung di akhir bulan ataupun menunggu sisa uang maka bukanlah hal yang tepat. Pasalnya manusia akan cenderung menuruti keinginan ketika memiliki banyak uang.

Sehingga, menabung di waktu awal saat gajian merupakan langkah yang tepat. Dengan demikian gaji yang Anda terima tidak akan habis semuanya. Ketika mengalami masa darurat keuangan Anda tidak perlu khawatir karena memiliki tabungan yang bisa meringankan.

Sisihkan Dana untuk Kebutuhan Tidak Terduga

Meskipun telah menganggarkan kebutuhan setiap bulan dan menyisihkan untuk tabungan. Bisa saja terdapat kondisi tidak terduga yang membutuhkan dana lebih di pertengahan maupun akhir bulan. Nah, oleh karena itu Anda perlu melonggarkan rincian pengeluaran anggaran untuk berjaga-jaga saat kondisi tidak terduga.

Anggaran tidak terduga ini diluar kebutuhan pokok maupun tabungan masa depan. Sehingga, Anda akan lebih tenang karena memiliki uang untuk berjaga-jaga. Selain itu, juga tidak akan merenggung keuangan yang digunakan untuk kebutuhan pokok.

Memiliki Rekening Terpisah

Memiliki rekening terpisah uang khusus untuk tabungan merupakan salah satu cara agar menabung lebih jelas dan terarah. Jika tidak memisahkan rekening tabungan dan kebutuhan lain bisa saja anggaran tabungan justru digunakan untuk keperluan lain. Hal ini juga menjadikan menabung tidak terarah dan sistematis.

Ada banyak sekali keuntungan memiliki rekening khusus tabungan, diantaranya dana tabungan tidak akan digunakan untuk keperluan lain dan Anda dapat mengetahui progress uang yang telah ditabung. Ketika melihat progress menabung stabil bahkan meningkat, Anda akan lebih giat dan bersemangat untuk terus menabung dengan rutin.

Ada baiknya menggunakan jenis tabungan khusus yang dapat mengelola dana tabungan Anda, seperti HSBC Advance. HSBC Advance akan memberikan kemudahan dalam memegang kontrol atas keuangan Anda dan kemudahan dalam layanan perbankan sehari-hari. Untuk tabungan sendiri, Anda bisa mendapatkan produk tabungan dan deposito dalam 12 mata uang dengan suku bunga tabungan yang tinggi hingga 3,5% melalui HSBC High Saving Rate, serta suku bunga deposito yang menarik melalui HSBC Internet Banking.

Dengan menerapkan cara nabung yang baik dan benar seperti pemaparan di atas Anda akan lebih mudah mengatur keuangan untuk masa depan maupun dana darurat. Usahakan menabung secara rutin setiap bulan dari upah yang Anda terima. Kebiasaan menabung akan membuat keuangan Anda lebih terarah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama