Selasa, 23 November 2021

Menelusuri Situs Anmum Mengenai 6 Makanan Terbaik Bagi Ibu Hamil


Dengan adanya kehamilan akan meningkatkan nafsu makan pada ibu hamil. Umumnya pada saat hamil seorang ibu juga diperbolehkan untuk mengkonsumsi apapun, asalkan matang, sehat, dan harus memperhatikan nutrisi. Akan tetapi terkadang ibu masih bingung mengenai makanan apa saja yang baik untuk dirinya. Penasaran? berikut 6 makanan terbaik bagi ibu hamil dari situs anmum.

6 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

1. Susu dan Berbagai Produk yang Menggunakan Olahan Susu

Pada saat kehamilan, maka seorang ibu hamil wajib untuk mengonsumsi makanan ataupun minuman yang banyak mengandung protein serta kalsium. Dimana kedua hal tersebut akan membantu ibu dalam memenuhi kebutuhan gizi untuk janin yang dikandungnya. Susu dan segala macam olahan susu mengandung 2 macam protein yang memiliki kualitas tinggi yaitu whey dan juga kasein.

2. Ubi

Makanan sehat kedua yang bagus untuk kesehatan ibu hamil adalah ubi. Dimana ubi mengandung beta karoten yang sangat tinggi. Jika masuk dalam tubuh, kandungan pada ubi akan berubah menjadi vitamin A yang sangat dibutuhkan untuk proses pertumbuhan serta diferensiasi sel dan jaringan. Dan pastinya kandungan tersebut sangat penting bagi perkembangan janin yang sehat.

3. Sayuran Hijau

Sama seperti manusia pada umumnya, bahwa menurut situs anmum dengan mengkonsumsi sayuran hijau sangat bagus untuk kesehatan. Sayuran tersebut seperti kale, kangkung, kubis, selada air, bayam, dan juga brokoli. Berbagai sayuran tersebut sangat kaya akan vitamin C, K, A, zat besi, serat, potassium, folat dan juga kalsium. 

Sayuran hijau juga kaya akan kandungan antioksidan. Sehingga jika dikonsumsi secara rutin bagi ibu hamil, dapat bermanfaat untuk mencegah konstipasi yang biasanya sering terjadi pada saat kehamilan berlangsung. Selain itu manfaat lainnya adalah mampu menurunkan resiko dari bayi lahir dengan kondisi berat badan yang rendah.

4. Telur

Makanan sehat yang satu ini selain bagus untuk kesehatan anak juga banyak manfaat untuk ibu hamil. Karena hampir semua kebutuhan makanan yang ibu hamil butuhkan ada dalam kolin yang terdapat pada telur. Kolin ini akan membantu memastikan sistem saraf dan otak dapat berkembang dengan sehat dan sempurna. Selain itu menurut situs anmum kolin juga dapat mengurangi resiko cacat tabung saraf.

5. Ayam dan Daging Merah

Ayam dan daging merah adalah satu bahan makanan yang memiliki banyak nutrisi serta memiliki protein hewani yang cukup tinggi. Daging merah mengandung kolin dan zat besi, dimana zat besi merupakan salah satu mineral penting yang dipakai darah merah dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh. 

Semasa kehamilan ibu banyak membutuhkan kandungan zat besi yang lebih banyak, itu terjadi karena saat hamil terutama di trimester ke-3 volume darah akan mengalami peningkatan. Sehingga jika kekurangan zat besi pada awal kehamilan akan berdampak pada anemia defisiensi berisiko kelahiran prematur, hingga bayi yang lahir dengan berat badan rendah.

6. Kacang

Tidak hanya itu, makanan sehat bagi ibu hamil juga datang dari jenis kacang-kacangan sangat kaya akan serat, zat besi, protein, kalsium, dan juga asam folat. Dengan ibu hamil mengkonsumsi asam folat yang cukup, maka menurut situs anmum dapat melindungi janin di kandungan dari resiko cacat tabung saraf dan juga terlahir dengan berat badan yang rendah.

Ingat apapun yang ibu hamil konsumsi akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan pada tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungan. Sehingga jika sudah memasuki masa kehamilan, sangat penting untuk anda, pasangan, dan juga orang sekitar untuk terus menjaga pola makan serta menu yang ideal demi kesehatan ibu dan anak.

0 komentar:

Posting Komentar