Selasa, 03 November 2020

Kulit Kepala Mengelupas, Ini 5 Cara Mengatasinya


Kulit kepala kering menjadi kondisi yang tidak menyenangkan karena kondisi ini bisa mengakibatkan kulit mengelupas. Banyak orang yang menyamakan kondisi kulit kering ini dengan ketombe, padahal keduanya merupakan kondisi yang berbeda.

Kulit kepala menjadi kering umumnya disebabkan oleh kurangnya kelembaban kulit yang dapat mengakibatkan kulit mengalami iritasi dan mengelupas. Selain itu, udara dingin dan kering bisa menjadi pemicu kulit kering. Penggunaan sampo dan gel rambut yang kurang tepat pun dapat menjadi penyebab lain kulit kepala menjadi kering.

Cara Mengatasi Kulit Kering

Gatal yang terus menerus merupakan salah satu indikasi bahwa kulit kepala kurang kelembapannya. Bisa juga disertai ketombe dan nyeri serta kerontokan. Anda tidak perlu langsung ke dokter untuk mengatasi masalah ini, karena beberapa bahan alami berikut bisa digunakan:

1. Cuka dari Sari Apel

Kandungan antimikroba yang terdapat dalam cuka sari apel dapat membantu Anda membasmi bakteri dan jamur yang menyebabkan gatal pada kulit kepala dan menghindarkan dari pengelupasan. 

Oleskan langsung cuka sari apel ke kulit kepala dan diamkan kurang lebih 5 menit sebelum dibilas dengan sampo dan air mengalir.

2. Menggunakan Buah Mengkudu

Scopoletin yang terkandung dalam buah mengkudu dapat menjadi cara menghilangkan kulit kering dan terkelupas. Sebab kandungan di dalamnya merupakan zat yang dapat mengatur kinerja anti-bakteri dan anti-jamur.

Anda bisa memblender buah mengkudu atau memarutnya lalu mengaplikasikannya pada kulit kepala dengan meremasnya secara perlahan. Gunakan sekali sehari selama seminggu untuk melihat hasilnya. Hentikan penggunaan ketika keadaan kulit sudah membaik.

3. Minyak Pohon Teh (Tea tree)

Tea tree juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit kepala kering. Sebab antiseptik yang terkandung di dalamnya ampuh meringankan gejala kulit kering. Selain itu kandungan anti-jamur dan antibiotik di dalamnya juga mampu mengatasi ketombe.

Belilah minyak tea tree dan aplikasikan bersama minyak kelapa atau minyak zaitun ke kulit kepala Anda. Diamkan kurang lebih selama sepuluh menit, lalu lanjutkan dengan mencuci rambut.

4. Alpukat

Alpukat memang memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah untuk melembabkan dan melindungi kulit. Sebab asam lemak tak jenuh tunggal dan gandanya dapat membantu mengatasi kulit kering.

Anda bisa menggunakan minyak alpukat dan mengaplikasikannya ke kulit kepala lalu lakukan pijatan ringan. Terakhir bilas dengan air bersih. Apabila tidak menemukan minyak alpukat, Anda bisa membeli buah alpukat utuh, ambil dagingnya dan hancurkan, baru kemudian diaplikasikan ke kulit kepala.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa sudah sejak lama digunakan sebagai bahan untuk mengatasi berbagai masalah rambut. Mulai dari ketombe hingga kulit kering. Bahkan minyak kelapa banyak digunakan untuk menjaga kesehatan kulit pada umumnya.

Kandungan di dalamnya dapat melembabkan kulit sehingga terhindar dari kulit kering. Sifat antijamur dan antibakterinya dapat mengurangi infeksi yang ditimbulkan oleh kulit kering. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala kemudian lakukan pemijatan ringan. Diamkan selama 10 menit dan bilas. 

Namun, banyak juga yang menggunakan minyak kelapa pada rambut sebelum tidur dan membiarkannya semalaman. Kemudian baru dibilas pada pagi hari dengan menggunakan sampo. Penggunaan minyak kelapa juga bisa membuat rambut lebih halus.

Perawatan kulit kepala kering memang harus lebih intens dibandingkan perawatan kulit kepala normal. Dengan perawatan yang tepat dan penggunaan bahan alami, Anda bisa mendapatkan kulit kepala dan rambut sehat. Namun, apabila Anda memiliki kulit sensitif harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar