Kamis, 25 Juni 2020

Merawat Genset Agar Awet

Merawat Genset Agar Awet

Genset sangat penting digunakan sebagai alternatif bila listrik sedang padam. Listrik merupakan adalah hal yang sangat penting dalam sebagian besar lingkup kehidupan terutama bila listrik merupakan kebutuhan pokok yang di gunakan untuk produksi perusahaan. Genset tidak hanya digunakan untuk alternatif ketika listrik padam, namun juga sebagai sumber listrik untuk kegiatan atau pekerjaan yang membutuhkan sumber listrik namun daerah tersebut tidak dapat menyediakannya, genset dapat digunakan sebagai alternatif sumber listrik.

Genset adalah singkatan dari Generator Set, yaitu mesin yang terdiri dari pembangkit listrik  dengan mesin penggerak yang disusun agar menghasilkan suatu tenaga listrik dengan besaran tertentu yang diinginkan. Generator adalah penghasil listrik. Generator bekerja dengan prinsip yaitu mengubah energi gerak (kinetik) menjadi energi listrik. Mesin pembangkit kerja pada genset biasanya adalah berupa motor yang dapat melakukan pembakaran dalam, atau mesin diesel yang bekerja dengan bahan bakar solar atau bensin.

Genset memiliki kegunaan sebagai sumber listrik. Tidak hanya menyalakan lampu atau penerangan saja tapi juga dapat digunakan untuk hal lainnya yang membutuhkan tenaga listrik. Dengan bantuan Genset, maka perusahaan-perusahaan besar maupun kecil, seperti supermarket, toko, rumah sakit, dan sebagainya aktifitasnya tidak terganggu ketika listrik padam. Mereka tetap dapat menjalankan aktifitas seperti biasanya tanpa mengalami hambatan. Maka dari itu Genset merupakan alat penting yang sangat dibutuhkan banyak kalangan, bahkan dapat digunakan secara perorangan untuk berbagai kegiatan yang memerlukan konsumsi daya listrik. Untuk itu berikan perawatan genset terbaik dengan rajin membersihkan dan merawat dengan jasa sewatama.

Genset harus dirawat dengan baik, agar genset tahan lama dan bekerja dengan baik. 

Perawatan genset dapat dilakukan sendiri dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini :

1. Dioperasikan dengan benar
2. Matikan genset jika ada yang tidak beres
3. Letakan ditempat yang aman
4. Selalu bersihkan genset
5. Ganti spare part yang sudah jelek
6. Nyalakan genset di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik
7. Mengecek kabel-kabel instrumen secara berkala
8. Patikan bahan bakar selalu terisi dan tidak kosong
9. Periksa bagian distilled water
10. Periksa oli mesin di genset secara rutin

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar