Tips Aman Mencari Konsultasi Dokter Online yang Tepat

Chat dokter

Hadirnya teknologi di tengah-tengah masyarakat saat ini cukup mengubah kebiasaan atau gaya hidup sehari-hari. Hampir semua bidang mengalami dampak dari canggihnya teknologi saat ini, termasuk juga untuk bidang kesehatan. Salah satu contoh pengaruh teknologi pada dunia kesehatan bisa kita lihat dari munculnya konsultasi dokter online yang mampu menjawab segala keluh kesah masing-masing orang akan suatu kondisi kesehatan atau penyakit. Cara baru ini terbilang sangat mudah dan praktis karena hanya perlu terhubung ke internet dan mengakses aplikasi atau website konsultasi dokter online, Anda bisa bertanya terkait kesehatan yang dialami melalui layanan chat dokter yang sudah disediakan.

Konsultasi dokter online memang cukup trend saat ini. Banyak profesional yang menawarkan layanan jasa ini secara gratis kepada khalayak ramai dengan dilakukan secara online. Meskipun diberikan secara gratis atau cuma-cuma, namun para konsultan online tersebut membagikan info-info yang berhubungan dengan kesehatan dengan penuh konsisten. Dimana mereka akan menjawab pertanyaan dari masing-masing orang yang berkonsultasi. Jawaban yang diberikan biasanya sudah berdasarkan teori yang ada, sehingga tidak dijawab secara sembarangan. Sehingga bagi yang sedang membutuhkan layanan konsultasi terkait kesehatan, konsultasi dokter online akan sangat membantu.

Namun perlu diketahui juga, bahwa tidak semua konsultasi dokter online yang ada di internet menyajikan layanan kesehatan yang berkompeten dan bisa dipertanggungjawabkan. Sehingga Anda juga tidak boleh sembarangan dalam memilih tempat layanan konsultasi dokter online. Agar tidak salah pilih, berikut ini ada beberapa tips aman yang bisa Anda lakukan dalam mencari konsultasi dokter online, antara lain:

1. Jangan mudah tertipu dengan penampilan dokter
Tampilan dokter online dengan jas putih memang lebih menjual, namun Anda sebaiknya juga mempertimbangkan kredibiltas dokter online yang bersangkutan. Untuk memastikan kredibilitas dokter online tersebut, Anda bisa melihat kompetensi dokter melalui Konsul Kedokteran Indonesia (KKI). Lakukan pengecekan apakah dokter tersebut memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) sebagai bukti tertulis tenaga kesehatan yang diberikan oleh pemerintah secara langsung. Serta cari tahu juga dokter tersebut merupakan lulusan dari institusi mana, atau pernah tidaknya tersangkut suatu kasus.

2. Tidak hanya menyajikan artikel kesehatan
Pastikan website ataupun aplikasi konsultasi dokter online yang Anda tuju tidak hanya memberikan kutipan-kutipan berdasarkan dari penelitian yang sudah lalu. Dimana website atau aplikasi konsultasi dokter online tersebut juga menyediakan dokter nyata dan sudah diakui oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Seperti dengan menyediakan fitur live chat, yang mana memungkinkan orang-orang berkonsultasi melalui chat dokter untuk bertanya terkait kesehatan serta mendapatkan tips-tips kesehatan terbaru.

3. Cek ulasan pengguna lain sebelum melakukan konsultasi 
Untuk mengetahui website atau aplikasi konsultasi dokter online yang dituju benar-benar layak, Anda bisa mencari tahu dari bagaimana tanggapan pengguna lainnya. Apakah komen atau tanggapan mereka baik atau buruk. Jika memang baik, Anda bisa mempertimbangkan untuk konsultasi pada website atau aplikasi tersebut.

4. Perhatikan reputasi rumah sakit yang dianjurkan
Website atau aplikasi konsultasi dokter online biasanya melayani pengantaran obat, juga memiliki direktori rumah sakit. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang sedang berada di luar kota dan sedang butuh pengobatan dari rumah sakit terdekat. Pastikan rumah sakit yang diberikan memiliki pelayanan yang baik dan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Selain itu, perhatikan juga apakah rumah sakit yang dianjurkan tersebut sesuai dengan kondisi ekonomi Anda.

5. Pilih konsultasi dokter online yang menyediakan fitur lengkap
Pastikan fitur-fitur yang diberikan oleh konsultasi dokter online tersebut sangat lengkap dan mampu menjawab kebutuhan Anda akan sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar