Perhatikan Ciri-Ciri Oli Mesin Terbaik Ini

Perhatikan Ciri-Ciri Oli Mesin Terbaik Ini

Di pasaran banyak kita temui berbagai jenis oli. Oli sebagai komponen yang memiliki peran penting untuk menunjang kinerja dan fungsi dari mesin itu sendiri pun haruslah memiliki kualitas terbaik. Oleh karena itu penting kiranya untuk mengetahui bagaimana ciri-ciri oli mesin terbaik.

Adapun ciri-ciri oli mesin terbaik adalah sebagai berikut :

1. Tingkat kekentalan
Ketika akan membeli oli, maka Anda akan disuguhi berbagai jenis oli dengan tingkat kekentalan yang berbeda. Sehingga bagi sebagian orang yang tidak terlalu memahami bagaimana ciri-ciri oli yang baik akan kesulitan membedakannya. Alhasil tidak jarang akan asal-asalan dalam membeli.

Biasanya oli yang memiliki tingkat kekentalan yang rendah atau encer akan membuat mesin lebih rentan mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan adanya penguapan yang tinggi sehingga berakibat pada mesin yang cepat panas.

2. Sesuaikan dengan karakter mesin
Meski oli dengan harga mahal sekalipun, apabila mesin tidak cocok dengan jenis oli tersebut, tetap saja mesin bisa cepat rusak. Ya, setiap mesin sudah dibuat dan didesain sedemikian rupa lengkap dengan tipe oli yang cocok dengan mesin-mesin tersebut. Jadi memang tidak bisa sembarangan memilih oli untuk mesin.
     
Oleh karena itu agar tidak salah pilih dan oli tidak terpakai sia-sia, maka hendaknya untuk membuka dan membaca buku panduan yang ada. Dalam buku panduan tersebut sudah ada jenis dan spesifikasi penggunaan oli yang digunakan. 
     
3. Oli Palsu
Tidak sedikit masyarakat yang dibuat resah akibat munculnya oli palsu yang dijual bebas di pasaran. Biasanya oli-oli palsu ini ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan oli kualitas bagus. Meski begitu, ada pula oknum penjual yang menjual oli palsu namun melabeli oli tersebut dengan merk oli berkualitas. Jadi, Anda tetap harus teliti sebelum membelinya.
     
4. Jika digunakan pada mesin tidak membuat karat
Umumnya, oli di sini digunakan untuk pelumas sehingga dapat menggerakkan mesin dan membuat mesin memiliki kinerja sesuai dengan fungsinya. Jadi ketika Anda mendapati oli tersebut malah membuat mesin berkarat, maka Anda patut curiga bahwa oli ini tidak memiliki kualitas yang bagus.

Oli berkualitas akan membantu Anda melindungi mesin dari ancaman karat. Mengingat mesin adalah otaknya kendaraan, maka pastikan memilih oli yang bisa berfungsi dengan sebagaimana mestinya.

Demikianlah ciri oli mesin terbaik yang perlu Anda ketahui. Kualitas oli tidak hanya dilihat dari mahal atau murahnya harga oli, melainkan juga dilihat dari tingkat kekentalan hingga jenis oli itu sendiri. Tetap perhatikan spesifikasi mesin agar bisa memilihkan oli yang tepat. Bahkan jika perlu Anda bisa mengajak rekan atau teman untuk membantu memilihkan oli yang sesuai dengan mesin.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

0 komentar:

Posting Komentar