Tips Mengecek HP Samsung Asli Atau Palsu Agar Tidak Tertipu

Tips Mengecek HP Samsung Asli Atau Palsu Agar Tidak Tertipu

Smartphone Samsung merupakan produk yang sangat populer di Indonesia. Vendor asal negeri ginseng ini adalah salah satu merk ponsel yang paling banyak digunakan di dalam dan luar negeri. Bahkan, hampir setiap orang yang memiliki smartphone Android memiliki merk Samsung. Kualitas mumpuni dengan harga yang cukup terjangkau merupakan alasan banyak orang memilih Smartphone Samsung.

Pada awal tahun ini Samsung membawa smartphone terbarunya di seri M diantaranya, Samsung galaxy m10 dan M20 di pasar Indonesia. Sayangnya karena popularitas HP Samsung cukup besar, ada beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab yang menjual HP Samsung non original, atau biasa disebut dengan kualitas KW.

Pastinya, kamu sebagai pengguna setia Samsung, tidak mau jika sampai salah beli produk palsu. Apalagi jika beli dalam harga normal, namun spesifikasi yang didapat sangat beda jauh. Oleh sebab itu saya akan memberikan tips penting, Bagaimana cara mengetahui perbedaan hp Samsung asli dan palsu supaya kamu tidak tertipu.

Cek harga
Pertama, kamu harus mengecek harga ponsel Samsung yang ingin dibeli. Jika mendapati harga ponsel yang berada di bawah harga pasaran kamu patut curiga.

Bisa jadi itu merupakan salah satu cara memperdaya konsumen. Selain itu produk tiruan mempunyai kualitas yang rendah dan komponen ala kadarnya sehingga dijual dengan harga tidak wajar.

Gosok logo Samsung di belakang ponsel
Cara cek Samsung asli selanjutnya yaitu dengan menggosok logo Samsung di belakang ponsel. Kamu bisa menggosok tulisan itu dengan koin atau benda keras lain secara terus menerus. Jika tulisan itu memudar atau terkelupas, bisa dipastikan bahwa smartphone Samsung kepunyaan kamu adalah palsu.

Perhatikan kualitas body handphone
Kamu harus tahu bahwa produk Samsung tiruan mempunyai bahan yang jelek atau terkesan murahan. Selain itu bahan casing belakangnya juga rentan patah karena lebih tipis.

Kamu bisa memperhatikan kualitas tombol-tombol yang ada di ponsel kamu. Biasanya produk tiruan mempunyai warna body HP yang berbeda dengan warna tombol.

Misalnya warna body ponsel berwarna putih tulang sedangkan tombol berwarna putih pucat atau sebaliknya sehingga tampak kontras. Memang dibutuhkan kejelian untuk melihat ini.

Cek spesifikasi ponsel yang ingin dibeli
Trik lain yang bisa kamu coba adalah dengan mengecek spesifikasi ponsel yang hendak dibeli. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah smartphone yang kamu beli sesuai standar atau tidak. Biasanya smartphone Samsung bajakan memiliki spesifikasi di bawah standar atau lebih rendah dari yang asli.

Cek kode rahasia Samsung
Smartphone dari berbagai pabrikan memiliki kode rahasia yang dilacak oleh pengguna. Termasuk smartphone Samsung. Hal ini berguna untuk mengecek apakah produk yang dibeli konsumen asli.

Kamu dapat melakukan pengecekan dengan cara mengetik *#0*# di menu Telepon lalu klik OKE atau Call. Apabila ponsel kamu langsung masuk ke dalam LCD TEST, maka artinya hp Samsung kamu 100% asli. Namun jika ponsel itu tidak bisa masuk ke dalam LCD TEST, bisa dipastikan bahwa ponsel itu merupakan tiruan.

Cek dengan software Samsung Kies
Samsung Kies adalah software besutan Samsung yang bisa melacak smartphone Samsung apabila terhubung dengan PC atau laptop. Kamu bisa mengunduh software ini website resmi Samsung. Jika Samsung Kies dapat membaca perangkat smartphone kamu, berarti HP kamu asli. Begitu pun sebaliknya.

Cek kualitas foto
Smartphone Samsung di kenal memiliki kualitas kamera yang jernih dan resolusi yang tinggi sesuai dengan spesifikasinya. Tapi jika hasil foto dari kamera smartphone Samsung kamu memiliki kualitas yang rendah dan buram, kamu patut curiga jika ponsel Samsung kamu merupakan produk palsu.

0 komentar:

Posting Komentar