Tips Membeli dan Memilih Spare Part Motor Asli

Tips Membeli dan Memilih Spare Part Motor Asli

Memilih spare part motor original bukan perkara mudah. Bahkan sebagian besar pembeli merasa tertipu karena mendapatkan suku cadang palsu. Hal ini bahkan sering di alami oleh pemilik sepeda motor saat ingin mengganti spare part. Keadaan demikian sering terjadi dan biasanya disebabkan oleh ketidaktahuan pembeli sendiri.

Hal yang sangat sering terjadi adalah pihak pembeli memesan suku cadang asli pada penjual, namun sebenarnya pembeli atau bahkan anda tidak mengetahui dan tidak dapat membedakan antara spare part asli dan yang palsu, sehingga ketika pihak penjual menunjukkan barang yang di cari, maka pihak pembeli langsung percaya kalau barang yang disodorkan adalah asli.

Kebutuhan membeli sparepart motor atau mobil bisa datang kapan saja. Sering kali, pemilik kendaraan menyerahkan tugas memilih sparepart ini pada montirnya karena tidak tahu apa yang harus dipertimbangkan saat membeli sparepart. Berikut ini ada beberapa tips memilih sparepart kendaraan yang tepat dan bisa dicoba.

Perhatikan Harganya
Harga sering kali menjadi polemik tersendiri bagi pemilik kendaraan. Sebagian besar pemilik kendaraan enggan menghabiskan terlalu banyak biaya untuk memperbaiki mobil atau motornya. Di sisi lain, kendaraan memang perlu selalu dalam kondisi prima. Sparepart yang asli biasanya memang lebih mahal dari sparepart tiruan.

Harga ini bisa dijadikan parameter saat memilih. Kalau harganya terlalu murah, bisa jadi sparepart tersebut tidak original dan kualitasnya tidak terjamin. Hal ini bisa berakibat buruk pada mobil atau motor. Cek lebih dulu standard harga sparepart yang akan dibeli sehingga pemilik kendaraan tahu harga yang bisa dijadikan patokan saat membeli sparepart.

Perhatikan Kemasannya
Pada saat membeli di bengkel resmi, pemilik kendaraan sudah tidak perlu mengkhawatirkan apa pun. Tetapi situasi sangat berkebalikan ketika pemilik kendaraan terpaksa membeli di bengkel biasa. Kalau tidak jeli, sparepart yang dibeli bisa saja salah. Selain harga, parameter lain yang bisa dijadikan patokan adalah kemasan sparepart itu sendiri. Sparepart asli biasanya dikemas dengan baik dengan tampilan yang rapi dan terdapat logo merek yang sama dengan merek kendaraannya.

Pastikan untuk membeli sparepart yang dikemas dengan resmi dan memiliki logo resmi juga. Sparepart tiruan biasanya tidak dikemas dengan baik dan berkesan asal-asalan. Perbedaan kemasan ini biasanya sangat mencolok sehingga tidak sulit untuk dibedakan satu sama lain antara yang asli dan palsu.

Cek Garansinya
Garansi juga menjadi parameter termudah untuk digunakan saat membeli sparepart. Sparepart mobil orisinal sama dengan sparepart motor. Yang original selalu disertai dengan garansi dari pabrik langsung dengan periode yang juga lebih lama. Kalau kemudian hari sparepart ini tidak berfungsi dengan baik, pemilik kendaraan langsung berhak atas penggantian gratis.

Sementara itu, sparepart tiruan hanya disertai dengan garansi distributor atau toko. Masa garansinya pun jauh lebih singkat. Ada baiknya pemilik kendaraan menghindari membeli sparepart semacam ini kecuali untuk keadaan sangat terpaksa dan tidak bisa mendapatkan yang orisinal saat dibutuhkan. Selain berisiko tidak efektif pada segi biaya, kualitasnya pun jelas tidak terjamin.

Mengingat pentingnya peranan sparepart mobil dan motor pada performa kendaraan, pemilik kendaraan selalu dianjurkan untuk berhati-hati dalam membeli sparepart. Beberapa tips di atas bisa dicoba untuk diterapkan agar pemilik kendaraan bisa memilih sparepart dengan tepat dan menghindari risiko kerusakan saat sedang berkendara. Telitilah sebelum membeli dan mengganti sparepart, dan selalu pilih yang orisinal.

0 komentar:

Posting Komentar