Lakukan Spooring dan Balancing untuk Keselamatan Berkendara

Lakukan Spooring dan Balancing untuk Keselamatan Berkendara

Spooring mobil harus dilakukan, khususnya bagi kendaraan yang melintasi jalanan di Indonesia, mengingat kondisi jalan yang kebanyakan masih kurang baik menyebabkan terganggunya kondisi performa kendaraan khususnya pada bagian roda.

Kestabilan roda dan perangkat sistem suspensi mobil memegang peranan sangat penting untuk menciptakan kenyamanan dan keamanan saat berkendara dijalan. Keseimbangan putaran masing-masing roda dan keselarasan roda sangat menentukan kestabilan mobil. 

Namun terkadang pengendara merasakan kondisi tidak seperti biasa pada kaki-kaki mobil saat mereka sedang memacu kendaraan, seperti laju mobil terasa miring walaupun sedang berjalan pada trek lurus. 

Kondisi mobil yang seperti ini pastinya sangat membahayakan bukan hanya bagi pengendara sendiri tetapi juga dengan orang lain. Jika hal ini sudah anda rasakan terjadi pada mobil anda, maka mobil anda wajib menjalani ritual Spooring dan Balancing.

Spooring adalah penyetelan sudut-sudut geometri roda depan atau belakang kendaraan yang dapat disetel agar selaras dan disesuaikan. Sedangkan Balancing, merupakan cara untuk menjaga kestabilan dan keseimbangan dibagian kanan-kiri maupun pada titik atas dan bawah roda mobil, dengan menambahkan pemberat pada velg. 

Lalu apa saja ciri - ciri mobil yang harus melakukan perawatan Spooring dan Balancing? Berikut ini merupakan tanda - tanda di mobil yang menjadi sinyal untuk anda segera melakukan Spooring dan Balancing :
  • Aus pada permukaan ban tidak merata
  • Saat mengendarai mobil, jika terasa arah stir condong ke satu sisi
  • Steer terasa lebih berat dan susah dikendalikan
  • Terasa getaran yang mengganggu kestabilan mobil
  • Steer terasa bergetar saat berjalan , baik pada saat kecepatan tinggi maupun kecepatan rendah.
Jika salah satu tanda diatas sudah terjadi pada mobil anda, segera bawa kendaraan anda ke bengkel untuk segera ditangani. Bawalah ke bengkel yang berkualitas dan ahli agar setelan kaki-kaki mobil anda akan kembali pada setelan awal pabrik sesuai dengan merek dan jenis mobil anda.

Untuk Balancing, setelah melakukan Balancing, dapat disempurnakan dengan menggunakan teknologi finish balance. Finish Balance yaitu melakukan balancing kembali dengan kondisi ban tetap terpasang pada kendaraan, jadi lebih presisi karena saat keadaan ban terpasang, ban dapat diputar dengan putaran maksimal.

Manfaat Spooring dan Balancing

Spooring dan balancing merupakan hal yang sangat penting untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara. Oleh sebab itu spooring dan balancing sangat bermanfaat bagi kendaraan Anda agar lebih nyaman di kendarai. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari spooring dan balancing:

Spooring dapat mengirit bahan bakar
Spooring dapat menghindari hambatan roda serta menjadikan posisi ban mobil Anda sejajar. Hal  ini akan membuat irit bahan bakar kendaraan Anda.

Mengurangi Aus pada Ban
Melakukan spooring dan balancing secara berkala akan dapat mencegah cepatnya aus pada ban mobil Anda, karena apabila spooring telah dilakukan dengan benar maka umur ban akan lebih lama hingga ribuan kilometer.

Kendali yang stabil
Spooring yang tidak benar dapat mengakibatkan bergetar pada bagian kemudi, selain itu juga kendaraan akan serasa tertarik ke satu sisi saat di kemudikan. Cepatlah lakukan spooring dan balancing agar kendaraan Anda akan stabil dan nyaman di kendarai.

Keamanan berkendara
Kondisi kendaraan dalam performa terbaik dan stabil pastinya akan memberikan keamanan saat berkendara, karena kondisi ban pada mobil Anda benar-benar memadai dan telah sesuai dengan standar stabilitas kendaraan.

Kenyamanan dalam berkendara akan sangat berpengaruh juga pada keselamatan tentu ini perlu dilakukan segera tindakan yang baik untuk mobil Anda. Segera lakukan spooring dan balancing secara berkala minimal setiap 10.000 KM, Lakukanlah di bengkel terbaik pilihan Anda agar mobil tetapi fit dan lebih bertenaga.

0 komentar:

Posting Komentar