Hal Yang Harus Kamu Cek saat Mencari Kontrakan di Jogja

Hal Yang Harus Kamu Cek saat Mencari Kontrakan di Jogja

Yogyakarta atau Jogja merupakan gudangnya anak kuliahan. Tiap tahunnya, puluhan ribu mahasiswa akan berbondong-bondong melanjutkan asa dan pendidikannya ke kota gudeg ini. Ditambah lagi, letak kampus yang saling berdekatan membuat kota ini serasa penuh sesak di titik yang berdekatan dengan kampus.

Letak kampus yang berdekatan tersebut memunculkan bisnis baru di Jogja yakni sewa rumah kontrakan yang dikhususkan untuk para pelajar yang sedang mengenyam pendidikan di Jogja. Dikarenakan semakin menjamurnya kost atau kontrakan di kota pelajar tersebut, membuat semakin beragamnya pilihan akan tempat tinggal sementara. Namun kamu harus pintar-pintar dalam mencari kontrakan yang tepat untuk kamu tinggali. Berikut ini beberapa tips untuk sewa kontrakan  Jogja yang tepat yang dirangkum dari Liputan6.com

Pilih Tempat yang Strategis
Ada beberapa tempat strategis yang bisa kamu pilih, seperti di daerah Seturan, Tambak Bayan, Condong Catur, Babarsari, Kledokan dan Paingan. Di daerah ini, kamu bisa dengan mudah mendapatkan tempat kos dengan berbagai model.

Untuk memilih kamar kos, usahakan cari tempat yang strategis dan dekat dengan fasilitas lain, seperti foto kopi, tempat makan, dan fasilitas pendukung kuliah lainnya agar kamu tidak kerepotan saat banyak tugas menumpuk atau musim hujan tiba.

Cari Lingkungan yang Kondusif
Yogya merupakan minaturnya Indonesia. Pasalnya, hampir semua mahasiswa dari berbagai belahan Indonesia berkumpul di sini. Bahkan, banyak pemerintah kota/kabupaten/provinsi yang membeli rumah di Yogya untuk dijadikan sebagai asrama mahasiswa yang berasal dari daerah mereka.

Nah, Kamu juga harus pintar-pintar memilih tempat yang kondusif untuk belajar karena dengan keragaman budaya, ada kemungkinan budaya dan adat yang berbeda itu belum bisa kita terima sehingga membuat kita kurang nyaman dalam belajar.

Pilih Tempat yang Agamis
Kelihatannya ini sesuatu yang remeh, namun sangat menentukan masa depan mu. Masa kuliah merupakan masa dimana kamu dituntut untuk menjadi pribadi yang mandiri, bertanggung jawab, dan bisa konsisten untuk terus belajar sampai akhir studi kamu di kampus Jogja. Namun, banyak kaum muda yang tergoda dengan kebebasan yang diberikan oleh orang tua mereka.

Di sini, kamu bisa bebas melakukan apa saja dan di mana saja tanpa ada satu pun keluarga yang mengetahui sehingga potensi untuk ikut-ikutan arus negatif sangat tinggi. Belum lagi, di Jogja, menjamur kos-kosan yang menawarkan kebebasan. Di kos bebas ini biasanya tidak ada peraturan yang mengikat. Asalkan kamu membayar tepat waktu, bapak/ibu kos tidak akan mempermasalahkan hal lainnya, walaupun itu melanggar norma adat dan agama.

Tentunya kamu nggak mau kan ikut-ikutan berbuat hal yang merugikan sendiri? Nah, tidak sulit kok jika ingin menjaga pergaulan! Kamu bisa mencari tempat kos yang agak “rewel”,  seperti tidak boleh membawa lawan jenis masuk kamar, ada jam malam, kalau tidak pulang ke kos harus izin, dan beberapa peraturan lainnya yang intinya mengingatkan kamu agar tidak keluar dari jalur. Agak ribet sedikit tidak apa, yang penting ada yang mengontrol ketika jauh dari orang tua.

Sesuaikan dengan Budget
Ada beberapa model kos yang bisa kamu pilih, mulai dari kos sederhana dan standar tanpa fasilitas apapun yang biasa disebut dengan istilah kos “kosongan” sehingga kita harus mencari perlengkapan sendiri, sampai kos yang sudah dilengkapi dengan perlengkapan standar seperti kasur dan lemari. Bahkan, di Jogja, banyak tempat yang menawarkan kos eksklusif dengan berbagai fasilitas,  mulai dari kamar mandi air panas, AC, TV kabel, sampai full security 24 jam non-stop.

Untuk kos standar, harganya bervariasi mulai dari Rp 200.000 – Rp 300.000 per kamarnya. Kalau kamu ingin lebih hemat, cari teman kos yang bisa diajak berbagi kamar. Namun kamu harus siap berbagi apapun dengan teman sekamarmu ya, Kamu!

Untuk tempat kos yang eksklusif harganya bisa mencapai 1 juta hingga 2 jutaan per bulannya dan kamu akan seperti tinggal di hotel. Tapi sebagai mahasiswa yang tinggal jauh dari orang tua, lebih bijak bagi kamu untuk berlatih mandiri dan berhemat walaupun orang tua kamu mampu. Toh niat Quippperian ke Yogya untuk belajar, bukan untuk bermewah-mewahan.

Cari Informasi Sebanyak Mungkin
Mencari tempat kos itu gampang-gampang susah. Kadang ketika kamu dapat tempat yang sudah klik di hati, harganya kurang cocok. Ada juga harga dan tempat sudah cocok, ternyata lingkungan atau teman-teman kosnya yang tidak cocok. Pokoknya banyak banget deh hal-hal yang harus kamu pertimbangkan.

Nah, untuk itu, cari informasi sebanyak mungkin, baik itu dari teman/kakak tingkat yang sudah berada di Yogya, lewat biro jasa sewa kontrakan Jogja yang banyak bertebaran ataupun berselancar ria di internet.

Waktu juga sangat penting, Kamu. Ingat, puluhan ribu pendaftar juga mencari tempat kos sama seperti kamu, jadi  istilah “siapa cepat, dia dapat” sangat berlaku untuk mencari kos yang sesuai dengan keinginan.

Beberapa tips di atas mudah-mudahan berguna untuk kamu dalam mencari tempat kos yang nyaman dan mendukung perkuliahan nantinya. Selamat hunting tempat kos.

0 komentar:

Posting Komentar