Sistem Pengisian Aki Honda Brio Bermasalah, Ini Tipsnya!

Sistem Pengisian Aki Honda Brio Bermasalah, Ini Tipsnya!

Pada dasarnya, aki honda brio itu merupakan salah satu alat yang berguna untuk memberikan suplai arus listrik di dalam sistem starter mobil untuk menyalakan mesin mobil. Saat menyalakan mesin mobil itu biasanya memakai tombol start. Saat menekan tombol starter ini, secara otomatis aki akan menggerakkan mesin mobil untuk menyalakan mesinnya. Bisa Anda bayangkan bila akinya soak dan bermasalah, tentu saja ini bisa berdampak buruk terhadap kendaraan Anda.

Aki yang soak itu adalah ketika arus listrik yang ada didalamnya mulai habis. Sehingga, ketika tombol start mesin ditekan, namun mesinnya tidak menyala. Maka dari itulah, mendeteksi proses dari pengisian listrik di dalam aki mobil itu penting sekali dan wajib hukumnya. Hal ini bisa menghindari terjadinya mati pada aki secara tiba-tiba. Tentu saja, dampaknya bisa mengganggu sistem kelistrikannya. 

Namun, bila ternyata setelah dicek namun pengisian akinya sedang bermasalah dan tidak normal, maka ada hal selanjutnya yang harus digali lebih dalam lagi. Berdasarkan salah satu bengkel spesialis dari kelistrikan kendaraan, mereka mengatakan bahwa kerusakan yang membuat aki menjadi bermasalah ini umumnya dibagian regulator atau kumparannya.

Bisa diibaratkan, saat keran air merupakan perumpamaan dari sebuah regulator, maka anggap saja bagian ini bisa bekerja secara otomatis untuk memantau pengisian daya. Bila pengisiannya terjadi secara berlebihan, tentu saja hal ini bisa membuat regulator atau kiprok menjadi rusak. Maka dari itulah, Anda harus segera menggantinya dan membali aki honda brio yang baru.  Jadi, agar pengisian daya aki tidak terjadi masalah, sebaiknya simak dulu tipsnya berikut ini:
Sebaiknya lakukan pengecekan terhadap sumber airnya. Karena bila pengisian aki ini tekor dan kurang, umumnya ada 2 hal yang bisa menyebabkan hal ini terjadi. Yaitu, karena sumber airnya sedang bermasalah atau kerannya sedang rusak. Jadi, sama seperti sumber air yang ada pada perusahaan air minum, meskipun kerannya berjalan dengan normal dan telah terbuka dengan penuh, namun bila PAM tidak bsia memberi air yang cukup, hasilnya juga sia-sia. Jadi, PAM disini merupakan perumpamaan dari sepul dan kumparan. Sepul itu sendiri bekerja sama dengan bantuan magnet yang berputar untuk menghasilkan sebuah arus listrik.
Agar dapat memastikan bagian ini rusaka tau tidak, sebaiknya lakukan pengecekan tegangan dalam arus listriknya sebelum kirpok. Arus listrik ini merupakan bolak balik atau dari arus AC. 
Yang pasti, bila umur baterai aki itu sudah sampai bertahun-tahun, otomatis hal ini akan membuat kinerjanya menjadi bermasalah. Bahkan, untuk aki honda brio dari NS battery sekalipun yang merupakan aki dari maintenance free atau aki kering itu tetap memiliki masa daya selama 1 tahun sampai dengan 2 tahun atau bahkan 4 tahun. Hal ini tidak hanya berlaku untuk produk NS battery saja. Namun, semua aki kering mobil atau motor itu memiliki masa umur tersendiri.

Maka dari itulah, bila Anda menggunakan aki maintenance free, maka Anda harus siap bila terjadi kerusakan. Karena saat aki ini mulai rusak, hal ini bisa membuat Anda tidak dapat mengganti air akinya. Itu berarti bahwa Anda harus membeli aki mobil yang baru. Sedangkan, bila Anda menggunakan aki yang modelnya reguler, maka saat aki mulai bermasalah, Anda tinggal mengganti air akinya saja. Tentu saja hal ini bisa membuatnya semakin lebih hemat.

Beda sekali dengan aki kering. Aki kering itu usianya lebih lama, bahkan terkadang ada yang bisa sampai 4 tahun. Namun sayangnya harganya jauh lebih mahal dari pada aki basah. Setelah Anda menggunakannya secara terus-menerus, maka aki mobil bisa bermasalah dan harus segera diganti dengan yang baru. Karena aki kering itu tidak dapat diservice.

Namun meskipun begitu, aki kering itu memiliki kelebihan tersendiri. Salah satunya adalah aki kering itu dapat digunakan secara langsung tanpa harus disetrum terlebih dahulu. Sehingga, proses pemakaiannya menjadi lebih praktis dan lebih mudah. selain itu, Anda tidak perlu juga harus mengisi air aki pada aki kering ini, karena untuk aki kering itu umumnya memakai bantuan dari gel. Sehingga, Anda tidak perlu kerepotan lagi untuk mengisi ulang air akinya.

Selain itu, dengan menggunakan aki kering, maka kerangka mesin menjadi lebih awet dan tidak rusak. Untuk tegangannya pun juga jauh lebih stabil. Sehingga kinerja mobil juga menjadi lebih baik dari pada menggunakan aki basah. Meskipun kekurangannya adalah harganya jauh lebih mahal dan air akinya tidak dapat ditambahkan karena telah tersegel. Sehingga, Anda tidak bisa menggantinya sesuka hati Anda. Namun, meskipun begitu, apapun pilihan Anda, aki dari NS Battery itu jauh lebih baik karena memiliki garansi yang cukup lama dan memiliki kualitas yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar